RSS
Container Icon

Harimau Sumatera

Berikut adalah pengenalan singkat tentang Harimau Sumatera:

Harimau Sumatra (Panthera tigris sumatrae) hanya ditemukan di Pulau Sumatra di Indonesia, merupakan satu dari enam sub-spesies harimau yang masih bertahan hidup hingga saat ini dan termasuk dalam klasifikasi satwa kritis yang terancam punah (critically endangered) dalam daftar merah spesies terancam yang dirilis Lembaga Konservasi Dunia IUCN. Populasi liar diperkirakan antara 400-500 ekor, terutama hidup di Taman-taman nasional di Sumatra. Uji genetik mutakhir telah mengungkapkan tanda-tanda genetik yang unik, yang menandakan bahwa subspesies ini mungkin berkembang menjadi spesies terpisah, bila berhasil lestari. Penghancuran habitat adalah ancaman terbesar terhadap populasi saat ini. Pembalakan tetap berlangsung bahkan di taman nasional yang seharusnya dilindungi. Tercatat 66 ekor harimau terbunuh antara 1998 dan 2000.

gambar harimau sumatera
                                                                            

-Taksonomi Harimau Sumatera-
Kerajaan      : Animalia
Filum            : Chordata
Kelas           : Mammalia
Ordo            : Carnivora
Famili           : Felidae
Genus          : Panthera
Spesies        : P. tigris
Upaspesies  : P. t. sumatrae

-Nama Ilmiah : Panthera tigris sumatrae

Hewan yang satu ini juga mempunyai manfaat lho, ayo kita lihat apa kelebihan yang bisa dimanfaatkan dari hewan ini

1. Taring dan kuku bisa digunakan sebagai hiasan-hiasan di rumah/liontin.
2. Kulitnya bisa dibuat karpet,tas,mantel,dll
3. Keuntungan yang diperoleh dari hasil penjualan harimau maupun barang dari harimau yang sudah diolah besar.
4. Resiko ketahuan menangkap harimau kecil.
5. Organnya juga diperjualbelikan.
6. Tulangnya bisa dimanfaatkan untuk pengobatan tradisional China.

Tetapi sayangnya banyak orang yang menyalahgunakan harimau sumatera ini. Keserakahan mereka yang tidak memikirkan masa depan hewan ini membuat keberadaan hewan ini di ujung tanduk. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya banyak orang yang memperjualbelikan organ dan bagian - bagian tubuh harimau sumatera. Ada juga yang merusak habitat hewan ini, kita bisa lihat dalam video berikut ini.


Tentu saja pemburuan hewan ini akan berakibat bagi makhluk  hidup serta manusia. Ekosistem bisa terganggu jika hewan ini punah, apalagi harimau adalah predator atau konsumen puncak maka kelangsungan konsumen dibawahnya akan berkembangbiak terlalu banyak,pada akhirnya ekosistempun akan kacau balau.
Kita harus berupaya untuk menyelamatkan keberadaan harimau sumatera. Berikut adalah upaya pelestariannya :

1.Tidak membunuh dan memburu Harimau Sumatera

2.Tidak menebang pohon dihutan secara liar karena dapat merusak habitat harimau sumatera.

3.Memberikan edukasi kepada masyarakat pentingnya kelestarian binatang langka untuk tetap hidup di habitatnya. Sehingga, mereka tidak lagi mengusik keberadaan mereka dan menjaga binatang langka tersebut untuk tetap hidup di habitat aslinya.

4.Mendukung setiap aktivitas pelestarian binatang langka yang dilakukan oleh lembaga pelestarian lingkungan. Caranya dengan membantu kampanye serta memberikan dukungan finansial dan moral.

5.Membuat tempat penangkaran bagi hewan-hewan langka agar bisa berkembang biak untuk selanjutnya melepas mereka ke alam bebas agar bisa hidup secara alamiah.

6.Tidak melakukan perburuan binatang langka dan melaporkan setiap aktivitas perburuan binatang langka tersebut kepada pihak berwajib.

7.Tidak melakukan transaksi atas binatang langka, terutama binatang hidup. Andai pun melakukan transaksi, sebaiknya ditujukan untuk menyelamatkan binatang tersebut agar tidak dikuasai oleh orang yang kurang bertanggung jawab, dan selanjutnya menyerahkan binatang tersebut pada pihak yang berkompeten. Dalam hal ini lembaga konservasi binatang langka dan lingkungan hidup.

Semoga artikel tentang Harimau Sumatera ini bermanfaat bagi kalian yang sudah membaca :D
Tolong di share ya, ayo selamatkan Harimau Sumatera!

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar